RENCANA KERJA MADRASAH ( RKM ) MI MIFTAHUL
FALAH
CAPANG PURWODADI PASURUAN
Tahun 2011/2012 - 2013/2014
Disusun oleh
KK-RKS/M
Di Desa Capang, 20 Oktober 2011
Komite
Sekolah
Kepala MI Miftahul Falah
SITI CHOIRIYAH NOR SALAM RIFA;I, S.PdI
Mengetahui
PsPAI Kecamatan
Purwodadi
Capang, Tanggal 26 Oktober 2011
H U F R O N, S.PdI
NIP. 1966 0807 1993 031 004
Disahkan :
Di Kabupaten Pasuruan, 27 Oktober 2011
An.Kepala
Kepala Seksi Mapenda Kabupaten Pasuruan
Drs. H.MUNIF ARMUZA, MA
NIP : 19680603 199302 1 001
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan
syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya,
sehingga kita dapat menyusun Rencana Kerja Madrasah ( RKM ) MI Miftahul Falah Capang Purwodadi
Pasuruan untuk
Priode 2011 s/d 2014
Tujuan menyusun Rencana Rerja Sekolah ini adalah sebagai acuan dalam
rangka pelaksanaan program / kegiatan kerja dalam satu priode ( 4 Tahun ) yang
pelaksanaanya lebih efektif dan efesien dengan memanfaatkan sarana , prasarana
dan sumber daya yang ada .
Dapat dipahami bahwa keberhasilan pelaksanaan Rencana Kerja Madrasah tidak terlepas dari pertisipasi kita semua sebagai
pemangku kepentingan dan mitra kerja ” Lembaga
Madrasah, Orang tua murid, Komite dan seluruh koponen masyarakat sekitar
”.
Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa apa yang tersaji dalam rencana kerja
Sekolah ini masih banyak kekurangan, oleh karna itu, kritik dan saran yang
bersifat membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan RKM ini.
Harapan kami dengan tersusunya
Rencana Kerja Madrasah ini dapat mengujudkan pengelolaan menejemen
pendidikan yang bermutu dan berkualitas sehingga tercipta SDM yang berkualitas
.
Selanjutnya kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi
kepada kepada TIM pembuat RKM yang telah membantu Madrasah dalam pengelolaan manajemen sekolah dan tata layanan
publik, mulai dari pemilihan Tim RKM, Pelatihan Leadership. TOT penguatan
peran, dan pelatihan peran dan fungsi Komite,sampai tersusunya RKM yang saat ini kita lakukan. Dan semoga Allah
SWT memberkahi kegiatan ini yang sedang kita jalankan, Amiin.
Capang, 20 Oktober 2011
Penyusun
TIM – RKM MI MIFTAHUL FALAH
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL.....................................................................................................i
HALAMAN PENGESAHAN
......................................................................................ii
KATA PENGANTAR..................................................................................................iii
DAFTAR ISI...............................................................................................................iiii
BAB. I
PENDAHULUAN..........................................................................................1
A. Latar Belakang dan Sejarah
Berdirinya Madrasah ....................................1
B. Tujuan dan Manfaat RKS/M
....................................................................1
C. Landasan Hukum......................................................................................2
BAB. II VISI,
MISI, DAN TUJUAN MADRASAH....................................................3
A. Visi Madrasah..........................................................................................3
B. Misi Madrasah.........................................................................................3
C. Tujuan Madrasah.....................................................................................3
BAB. III PROFIL
MADRASAH.................................................................................4
BAB. IV HARAPAN....................................................................................................7
BAB. V PROGRAM KERJA MADRASAH...............................................................9
A. Sasaran....................................................................................................9
B. Program...................................................................................................10
C. Indikator Keberhasilan..........................
...................................................11
D. Kegiatan................................................................................................
..13
E. Jadwal Kegiatan. ( Tabel
C4)..................................................................13
F. Penanggung Jawab....................................................................................15
BAB. VI RENCANA
ANGGARAN SEKOLAH.........................................................17
A. Rencana Biaya Program (
Tabel D.2 ) .....................................................18
B. Perkiraan Sumber Pendanaan (
Tabel D.3 ) ............................................20
C. Rencana Biaya dan Sumber
Pendanaan( Tabel D.4 ) …….....…….…...… 21
BAB. VII
PENUTUP……………………………………………………….......…..…23
Kesimpulan………………………………………........…..........................….23
LAMPIRAN…………………………....................………………......................….…24
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang dan Sejarah Berdinya Madrasah
Salah satu kebijakan pemerintah adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia dan
mengembangkan otonomi Sekolah/Madrasah. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan salah satu
cara untuk mewujudkan kebijakan
tersebut. Perencanaan Sekolah / Madrasah merupakan aspek kunci MBS. Hanya
melalui perencanaan yang efektif, mutu peserta didik akan dapat ditingkatkan
dan kewajiban untuk menuntaskan wajib belajar 9 tahun dapat tercapai , terutama
untuk anak didik yang kurang mampu secara ekonomis. Sedangkan wahana untuk
meningkatkan Sumer Daya Manusia ( SDM) tersebut adalah pendidikan yang
berkualitas.
MI Miftahul Falah berdiri pada tahun 1963 sebelumnya MI Miftahul Falah masih Madrasah Diniyah . MIYang didirikan oleh masyarakat Capang atau diberi nama
MIS pada saat itu masuk sore dan akhirnya bisa masuk
pagi.
B. Tujuan Dan Manfaat RKS/M
>Tujuan
Pada daarnya tujuan penyuunan RKS/M
adalah untuk:
1. Membantu Madrasah
dalam membelanjakan anggaran untuk program kerja
2. Madrasah secara efektif dan
efesien dalam kurun waktu 4 tahun.
3. Membantu Madrasah dalam
merespon tututan partisipasi masyarakat
dan.
4. membantu Madrasah dalam meningkatkan keterbukaan dan
akuntabilitas.
Ø Manfaat
Manfaat RKS/M dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Sebagai acuan bagi
sekolah untuk untuk mencapai
target-target peningkatan kualitas pendidikan dalam kurun waktu tertentu.
2. Dapat digunakan sebagai
panduan bagi sekolah dalam memanfaatkan subsidi pendidikan baik yang berasal
dari pemerintah maupun dari non pemerintah.
3. Sebagai sumber inspirasi bagi
seluruh warga sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran,dan
4. Sebagai tolak ukur bagi
keberhasilan implementasi berbagai program peningkatan mutu pendidikan
disekolah/madrasah.
C. Landasan Hukum
1. Undang-undang No. 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 (Pengelolaan dan pendidikan berdasar
pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas publik).
2. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun
2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
pasal 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja
tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah
satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun.
3. Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang
Standar Pengelolaan Pendidikan dinyatakan bahwa sekolah/ madrasah
membuat (1) Rencana Kerja Jangka Menengah yang menggambarkan tujuan yang akan
dicapai dalam kurun waktu 4 tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin
dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan dan (2) Rencana Kerja Tahunan yang dinyatakan
dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran sekolah/ Madrasah (RKAS/M) dilaksanakan
berdasarkan Rencana Kerja Jangka Menengah.
BAB II
VISI, MISI DAN
TUJUAN MADRASAH
Pendidikan dasar 9 tahun
merupakan kewajiban dari seluruh masyarakat untuk mengecap pendidikan 9 tahun,
yang didalamnya terdapat tingkat MI. Madrasah Ibtidayah merupakan lembaga
pendidkan formal untuk mencapai visi dan misi
pendidkan di daerah masing-masing. Oleh karena itu MIMiftahul Falah Perlu memiliki visi dan misi madrasah untuk
menjadi dasar pencapaian program
madrasah , berikut ini dapat di jelaskan visi dan misi MI Miftahul Falah Capang Purwodadi.
Visi :
Terwujudnya Madrasah Ibtidaiyah yang unggul dalam Imtaq dan Iptek yang
Islami
Misi :
- Melaksanakan
Sikap dan Amaliyah keislaman
- Melaksanakan
pembelajaran yang Inovatif Dan Berkwalitas
- Menerapkan
managemen berbasis Madrasah dengan melibatkan seluruh steakholder.
Tujuan :
- Memberikan dasar – dasar keimanan, ketaqwaan, dan
akhlakul karimah, sehingga siswa mampu mengamalkannya dalam kehidupan
sehari-hari
- Memberikan dasar-dasar keilmuan secara optimal,
sehingga siswa mampu memecahkan masalah dan mempunyai kepekaan sosial
- Meningkatkan kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan
budaya baca dan tulis
- Melaksanakan pembelajaran yang Aktif, Kreatif,
Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKIEM) , sehingga siswa mampu
mencapai prestasi akademik secara Optimal
- Mengoptimalkan pelaksanaan program perbaikan dan
pengayakan sehingga siswa mampu meningkatkan rata-rata nilai Ujian (UN)
serta mampu berkompetisi pada tingkat Nasional
- Meningkatkan kelengkapan sarana dan prasarana
sebagai penunjang proses pembelajaran sehingga siswa betah berada di
lingkungan Madrasah
- Menerapkan Manajemen Pengendali Mutu Madrasah
sehingga dapat meningkatkan animo siswa baru, Transparansi, dan
Akuntabilatasi.
A.
TUJUAN
PENYUSUNAN PROGRAM
Sebagai penjabaran tujuan Pendidikan Nasional dan tujuan Pendidikan MI
Miftahul Falah Capang, maka program kerja ini dimaksudkan untuk :
1. Menjabarkan
secara operasional berbagai kebijaksanaan yang mengatur pendidikan menengah,
baik dari pihak Dinas P dan Ksebagai pembina, khususnya di bidang edukatif
maupun dari pengurus yayasan Miftahul
Falah Capang.
2. Merupakan
proyeksi dari situasi dan kondisi sekolah yang ada dalam upaya meningkatkan
mutu Pendidikan.
3. Merupakan
pedoman dan koordinasi antara masing-masing unit kegiatan yang ada si sekolah
ini, sehingga menjadi satu kesatuan sistem yang utuh demi tercapainya tujuan
pendidikan yang diharapkan.
4. Merupakan
pedoman bagi terselenggaranya kerja sama antara berbagai intansi baik
dilingkungan Dinas P dan K pengurus Yayasan Miftahul Falah Capang, serta intansi-intansi lain dan masyarakat
pada umumnya.
5. Sebagai
tolak ukur keberhasilan usaha pendidikan di sekolah ini selama tahun ajaran 2010/2011
BAB.III
PROFIL SEKOLAH
Sesuai dengan Permendiknas No 19/ 2007, Rencana
Kerja Madrasah MI Miftahul Falah memuat 7 (tujuh) komponen atau kategori, yaitu (1)
kesiswaan, (2) kurikulum dan kegiatan pembelajaran, (3) Pendidik dan tenaga
kependidikan serta pengembangannya, (4) Sarana prasarana, (5) keuangan dan
pembiayaan, (5) budaya dan lingkungan sekolah, (7) peran serta masyarakat dan
kemitraan, dan (8) Lain-lain yang mengarah kepada peningkatan dan pengembangan
mutu.
Berkaitan dengan hal di atas deskripsi mengenai profil MI Miftahul Falah Capang
Purwodadi Pasuruan dikemukakan di bawah ini.
1.
Kesiswaan
1.
Jumlah Rombel tidak
sesuai dengan kelas yang tersedia,
sedangkan kenyataannya jumlah rombel 7 (Tujuh )
jumlah ruang kelas untuk belajar hanya 7 ruang kelas sehingga
jumlah ruang kelas cukup.
2.
Belum ada upaya untuk
menampung anak usia sekolah (AUS) baik dari pihak sekolah maupun Dinas.
3.
Manajemen peserta
didik yang sudah ada yaitu sistem penerimaan peserta didik, pengadministrasian
siswa, kesehatan siswa, penentuan kenaikan kelas/ kelulusan dan pendataan.
Namun sistem bimbingan konseling peserta didik belum ada.
4.
Bantuan peserta didik
kurang mampu secara ekonomi diwujudkan dalam bentuk BOS pembebasan
iuran sekolah, BSM, dan bea siswa. Namun dalam hal pembebasan buku teks,
seragam sekolah, dll sudah dilaksanakan.
5.
Pada umumnya tidak ada
siswa yang kurang siap mengikuti proses pembelajaran. namun, perlu peningkatan
pemberian gizi untuk siswa.
6.
Perlakuan khusus dalam
hal bakat, dan minat peserta sudah dilakukan, melalui pelatihan-pelatihan.
Namun dalam hal pelatihan Pramuka Seni Qosidah, sepak bola, basket ,
BTQ,dll minat berbicara dan menulis belum ada perlakuan khusus.
7.
Perlakuan menangani
peserta didik putus sekolah tidak ada.
8.
Perlakuan terhadap
peserta didik tinggal di kelas/ tidak lulus adalah memberi tambahan belajar
untuk siswa yang tinggal di kelas.
9.
Perlakuan terhadap
peserta didik yang lamban membacaa adalah memberi tambahan belajar( Remedial )
untuk siswa setelah
pulang sekolah
1.10. Prestasi
akademik
- Rata-rata nilai ujian
sekolah untuk semua bidang studi relatif stabil, pada nilai Matematika (7,40; 6,37; 4,00)
dan IPA (6,18; 7,00; 6,00).
- Nilai rapor pada siswa
kelas I sampai dengan V rata-rata juga stabil.
- Persentase jumlah lulusan
setiap tahun stabil yaitu 100%.
- Persentase jumlah siswa
yang melanjutkan ke SMP/MTsS/N
setiap tahun stabil 100%
1.11. Prestasi akademik
pernah diraih juara, lomba Sispres (2011)
dan pendidikan agama (2011) tingkat kecamatan baru sebatas juara Umum semua Mapel
1.12. Prestasi non
akademik, yakni lomba gerak jalan tingkat Kabupaten(2011) meraih juara I bidang Tenis Meja dan lari 200 m Tingkat Kabupaten (2011)
pernah juara II .
1.13.Prestasi non Akademik tahun 2011 bidang tenis meja maju ke tingkat
propinsi Jatim.
2.
Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
1.
Perencanaan proses
pembelajaran
Pada umumnya
perencanaa proses pembelajaran berjalan dengan baik, namun demikian terdapat
hal-hal yang perlu mendapat perhatian dan peningkatan, yaitu belum tersedia
silabus, RPP, sumber belajar/ bahan ajar interakti, kontekstual, dan media/
alat bantu pembelajaran untuk mata pelajaran Agam Islam, PKn, Bahasa Indonesia,
Matematika, IPA, IPS kelas III dan IV. Walaupun silabus dan RPP untuk semua
mata pelajaran di kelas I, II, V, dan VI sudah tersedia, namun masih perlu
disempurnakan.
2.
Pelaksanaan proses
pembelajaran
Pelaksanaan proses pembelajaran kurang
dilakukan dengan baik sesuai RPP, terutama dalam hal penggunaan strategi,
metode, bahan ajar, media pembelajaran yang bervariatif, dan penilaian berbasis
kelas dari kelas I s/d VI
3.
Pendidik dan Tenaga kependidikan
1.
Sumber daya pendidikan
a.
Kondisi guru
Guru PNS berjumlah 3
orang, yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sesuai berjumlah 2 orang, 3 orang masih menempuh S1, dan . Guru GTY berjumlah 12 orang, 2 orang sedang melanjutkan pendidikan S.2,
b.
Kondisi kepala sekolah
Pada dasarnya kompetensi yang dimiliki kepala
sekolah cukup baik. Namun dalam hal kepemilikan wawasan manajemen berbasis
sekolah, kreatifitas, inovasi, dan jiwa kewirausahaan dan keterampilan
memonitoring dan evaluasi, supervise, menyiapkan, melaksanakan, dan menindak
lanjuti hasil akreditasi serta keterampilan membuat laporan akuntabilitas
sekolah masih kurang.
4.
Sarana dan Prasarana
1.
Kondisi perabot
sekolah sudah
lengkap dan baik, yaitu jumlah meja dan kursi
siswa sudah
sesuai.
2.
Jumlah buku teks dan
sumber belajar setiap bidang studi sudah lengkap sesuai BSE .
3. Sarana/ peralatan pembelajaran
dalam kondisi baik, tetapi jumlahnya kurang memadai. Lampu penerang dalam ruang
kelas dan papan tulis white Boards masih diprogramkan.
4. Ruang kelas kondisinya baik,.
Kamar mandi/ WC murid ada 3 , Ruang perpustakaan,
komputer, laboratorium,koperasi,
tempat ibadah sudah ada , dan kantor sudah ada. Pagar sekolah sudah ada pintu gerbangnya.
5.
Keuangan dan Pembiayaan
5.1 Pendanaan ada
kecenderungan semakin naik, terutama sejak adanya BOS tetapi untuk memenuhi kebutuhan sekolah
dirasa masih kurang.
i.
Budaya dan Lingkungan Sekolah
6.1 Secara umum program
kebersihan, keindahan, keamanan, dan ketertiban sudah dilaksanakancukup baik.
Namun dalam hal kebersihan dan kerapian taman.
7.
Peran Serta Masyarakat dan
Kemitraan
7.1
Komite Sekolah
a.
Secara umum komite
sekolah (1) sudah mengerti tujuan, peran dan fungsinya, (2) memiliki struktur
organisasi, namun belum memiliki AD/ART, dan Program kerja, yang ter agenda.
b.
Komposisi anggota
komite sekolah sudah mewakili dari berbagai stakeholder, yaitu dari orang tua
mampu dan tidak mampu secar ekonomi, ahli pendidikan, tokoh masyarakat, dan
sebagainya.
c.
Pertemuan anggota
komite yang terjadwal masih belum ada. Namun biasanya dilakukan tidak
terjadwal.
d.
secara umum anggota
komite sekolah sudah mengerti peran dan fungsi komite sekolah, yaitu sebagai
pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan penghubung antara sekolah
dengan masyarakat dan lembaga lain
7.2
Dukungan Masyarakat
lain
Dukungan dari masyarakat lain dirakan sudah ada yang proaktif untuk madrasah dalam pengembangan dan kemajuan
Madrasah.
BAB IV
H
A R A
P A N
A. Kesiswan
Ø Peduli AUS
1.
Adanya tambahan Ruang
kegiatan Belajar (RKB) untuk mengimbangi jumlah rombel dengan jumlah ruang
belajar untuk lab
dll.
2.
Adanya pelayanan
penerimaan siswa baru dan terpenuhinya semua kebutuhan yang diperlukan
3.
Adanya tambahan buku
pelajaran dengan rasio 1:1 untuk semua jenis buku pelajaran disemua jenjang
kelas.
4. Adanya seragam olah raga untuk
semua siswa
5. adanya perlakuan khusus
terhadap minat dan bakat siswa dalam seni lukis, kaligrafi, dan berbicara
(Pidato )
6. Adanya bimbingan khusus berupa
belajar tambahan bagi anak tinggal kelas akibatlemah dalam hal membacadan
menulis.
7. Dapat meraih juara I
dalamlomba olimpiade mata pelajaran tingkat kecamatan.
8. mendapat juara minimal tingkat
Propinsi dalam bidang non
akademik,untuk lomba tenis meja .
B. Kurikulum dan
Kegiatan pembelajaran
Ø Perencanaan proses pembelajaran
1. Tersedinya Silabus,
RPP,Bahan Ajar interaktif,kontektual, dan Media/ alat bantu Agama Islam,PKn,
B.Indonesia,Matematika,IPA,IPS,
2. Adanya
strategi belajar mengajar yang
berfariatif dalam mengunakan metode dan
bahan ajar yang berbasis PAKEM
3.
Dapat menaikkan nilai ujian rata-rata pada UAN menjadi
7.50 terutama pada mata
pelajaran matematika dan IPA .
4. Dapat menaikkan nilai
raport kelas I-V terutama pada mata pelajaran
matematika,B.Indonesia dan PKn
5. Kelulusan
dapat dipertahankan 100% dengan nilai rata-rata 7
C. Pendidik dan
Tenaga kependidikan
Ø Sumber Daya Pendidika
1. Kondisi Guru
-. Semua Guru memiliki Kualifikasi dan Kompetensi yang sesui dengan
bidang
yang diajarkan.pada siswa.
. 2. Kondisi Kepala Sekolah
-
Memiliki wawasan Manajemen Berbasis Sekolah
yang kreatif, inovatif, dan ber
Jiwa kewirausahawan serta memiliki keterampilan Memonitoring, Evaliasi dan
Supervisi.
D. Sarana
dan Prasarana
1. Semua
perabotan sekolah dalam kondisi baik dan layak dipergunakan
2. Tesedianya buku pelajaran
untuk semua bidang setudi bagi siswa
dengan rasio 1:1
3. Terpasangnya lampu penerang
ruang kelas dan adanya papan tulis White-Boards di masing - masing kelas .
4. Tersedinya WC
untuk siswa , tempat bermain yang rata
dan pagar pekarangan yang
permanen.
E. Keuangan dan Pembiayaan
Adanya bantuan lainya dari pemerintah kabupaten,propinsi maupun
pusat untuk percepatan pembangunan
peningkatan mutu dan fisik sekolah/madrasah.
F. Budaya dan Lingkungan Sekolah
Tertatanya tempat
bermain, taman yang indah dan penghijauan pekarangan di sekolah / madrasah.
G. Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan
1. Adanya AD/ART dan program kerja yang teragenda di
madrasah.
2.
Adanya mitra kerja yang proaktif peduli sekolah/madrasah.
BAB V
PROGRAM KERJA SEKOLAH/MADRASAH
A. Sasaran
1. Kesiswaan
1.1
Membuat proposal kepada pemda dan dinas yang terkait
1.2
Menampung semua AUS yang mendaftar
diawal tahun pelajaran
1.3 Dapat menaikkan nilai ujian rata-rata pada
UAN 7,00 terutama pada mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia
dan IPA .dalam kurun waktu 4 tahun 2011-2014
1.4. Dapat
menaikkan nilai raport kelas I-V terutama pada mata pelajaran matematik
B.Indonesia dan PKn
1.5 Kelulusan
dapat dipertahankan 100% dengan nilai rata-rata 7.5
1.6 Mengadakan pelatihan untuk menumbuh
kembangkan minat dan bakat siswa pada
bidang seni dan olah raga.
1.7 Memberikan perlakuan khusus pada anak yang
tinggal kelas berupa alat tulis serta
mengadakan remedial pada anak yang lamban membaca dan menulis
1.8 Meningkatkan prestasi belajar siswa untuk
meraih juara I pada olimpiade lomba mata pelajaran tingkat Kabupaten .
1.9 Meningkatkan pelatihan siswa untuk meraih juara I bidang non akademik yaitu
lomba Olahraga
pada PORSENI
di tingkat Kabupaten.
2. Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
2.1
Semua guru kelas
Tinggi ( IV s/d VI) memiliki RPP untuk
mata pelajaran
IPA, Matematika, dan B.Indonesia
2. 2 Guru kelas Rendah ( I s/d III) dapat mengembangkan silabus
tematik yang benuansa PAKEM
3. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
3.1. Guru wali kelas memiliki
Kualifikasi dan kompetensi tentang
menejemen
pengelolaan kelas
3.2. Memilikan wawasan Manajemen Berbasis
Sekolah , kreatifitas, inovasi, dan jiwa
kewirausahaan dan terampil memonitoring, evaluasi, supervise, serta
terampil membuat laporan yang akuntabilitas.
4. Sarana
dan prasarana
4.1
Pengajuan Proposal kepada DPR/Pemda/Dinas terkait untuk pengadaan Ruang
Kegiatan Belajar
4.2
Ada buku Teks pelajaran untuk kurikulum KTSP semua bidang setudi
pelajaran umum (Matematika, Bahasa Indonesia, IPS Terpadu, Saint, PKn,
KTK,
dan Penjaskes).
4.3
Ada seragam olah raga untuk kelas
I- VI
4.5
Semua perabotan sekolah (mobiler) meja kursi siswa daalam kondisi baik
dan layak
pakai.
4.6
Memasang lampu penerang ruang
kelas dan pengadaan papan tulis White-Boards di
masing -
masing kelas .
4.7 Pengadaan WC untuk siswa , dan pebaikan tempat bermain yang aman
serta pemugaran pagar pekarangan yang permanen.
5. Keuangan
dan pendanaan
5.1
Memanfaatkan dana rutin dan BOS untuk membelanjakan progran sekolah /
madrasah sesui dengan RKS secara
efektif dan efesien
6. Budaya dan lingkungan sekolah/madrasah
.6.1 Halaman sekolah selalu
bersih, taman yang indah tempat bermain
yang aman.
7.
Peran serta masyarakat dan
Kenitraan
7.1 Komite dapat menjalankan
peran dan fungsi dan peranny di sekolah/madrasah
7.2 Ada AD/ART dengan program kerja
yang ter agenda
B. Program
Sasaran yang ditentukan diatas dapat
dituangkan dalam program kerja sekolah /
madrasah sebagai berikut :
1 Kesiswaan
1.1 Peningkatan pelayanan penerimaan siswa baru
pada awal tahun pelajaran
1.2 Peningkatan nilai rata-rata UAN pada mata
pelajaran matematika, Bahasa Indonesia
dan IPA .
1.3
Peningkatan nilai raport kelas I-V pada mata pelajaran matematik
B.Indonesia dan PKn
1.4 Mempertahankan kelulusan siswa 100%
1.5 Pelatihan siswa untuk menumbuh kembangkan minat dan bakat
siswa pada
bidang seni dan olah raga.
1.6 Diperlakuan
khusus pada anak yang tinggal kelas dan mengadakan remedial pada
anak yang lamban membaca dan
menulis
1.7 Meningkatkan prestasi belajar siswa bidang
akademik
1.8 Meningkatkan pelatihan siswa bidang non akademik
2. Kurikulum
dan Kegiatan Pembelajaran
2.1
Pelatihan
Penyusunan PRR guru kelas Tinggi ( IV
s/d VI)
2. 2 Pelatihan teknis penilaai secara
objektif untu Guru kelas tinggi ( IV s/d VI)
3. Pendidik
dan Tenaga Kependidikan
3.1. Pelatihan peningkatan
Kompetensi guru
3.2. Pelatihan
kepala madrasah bidang Manajemen Berbasis Sekolah (MBS ),
4. Sarana
dan prasarana
4.1
Membuat Proposal untuk pengadaan Ruang
Kegiatan Belajar (RKB)
4.2
Pendataan buku Teks
pelajaran sesuai dengan jumlah siswa
untuk kurikulum
KTSP semua bidang setudi
4.3
Pendataan seragam olah raga untuk kelas
1-III euai dengan jumlah siswa
pada tahun pertama dan kelas 1 setiap
tahun berikutnya.
4.5 Pendataan
Semua meja kursi siswa yang masih layak pakai
4.6
Memasang lampu penerang ruang
kelas dan pengadaan papan tulis White-Boards di
masing -
masing kelas
4.7
Pengadaan WC untuk siswa , dan
pebaikan tempat bermain yang aman serta pemugaran pagar
pekarangan yang permanen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar