PROGRAM MADRASAH

-->
RENCANA KERJA MADRASAH ( RKM ) MI MIFTAHUL FALAH
CAPANG PURWODADI PASURUAN
Tahun 2011/2012 - 2013/2014

Disusun oleh KK-RKS/M

                                                         
     Di Desa Capang,  20 Oktober 2011

                                               
             Komite Sekolah                                                    Kepala MI Miftahul Falah




         SITI CHOIRIYAH                                                NOR SALAM RIFA;I, S.PdI
                                                                                                  



Mengetahui

PsPAI Kecamatan Purwodadi
Capang,  Tanggal 26 Oktober 2011





H U F  R O N, S.PdI
                                                             NIP. 1966 0807 1993 031 004



Disahkan :

Di Kabupaten Pasuruan,  27 Oktober 2011
  An.Kepala
  Kepala Seksi Mapenda Kabupaten Pasuruan




Drs. H.MUNIF ARMUZA, MA
NIP : 19680603 199302 1 001



KATA PENGANTAR

         Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga kita dapat menyusun Rencana Kerja Madrasah ( RKM ) MI Miftahul Falah Capang Purwodadi Pasuruan untuk Priode 2011 s/d 2014
        Tujuan menyusun Rencana Rerja Sekolah ini adalah sebagai acuan dalam rangka pelaksanaan program / kegiatan kerja dalam satu priode ( 4 Tahun ) yang pelaksanaanya lebih efektif dan efesien dengan memanfaatkan sarana , prasarana dan sumber daya yang ada .
        Dapat dipahami bahwa keberhasilan pelaksanaan Rencana  Kerja Madrasah tidak terlepas dari pertisipasi kita semua sebagai pemangku kepentingan dan mitra kerja ” Lembaga  Madrasah, Orang tua murid, Komite dan seluruh koponen masyarakat sekitar  ”.
      Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa apa yang tersaji dalam rencana kerja Sekolah ini masih banyak kekurangan, oleh karna itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan RKM ini.
     Harapan kami dengan tersusunya  Rencana Kerja Madrasah  ini dapat mengujudkan pengelolaan menejemen pendidikan yang bermutu dan berkualitas sehingga tercipta SDM yang berkualitas .
       Selanjutnya kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada kepada TIM pembuat RKM  yang telah membantu  Madrasah dalam pengelolaan manajemen sekolah dan tata layanan publik, mulai dari  pemilihan Tim RKM, Pelatihan Leadership. TOT penguatan peran, dan pelatihan peran dan fungsi Komite,sampai tersusunya RKM  yang saat ini kita lakukan. Dan semoga Allah SWT memberkahi kegiatan ini yang sedang kita jalankan, Amiin.



                                                                                              Capang, 20 Oktober 2011
                                                                                                               Penyusun


                                                                                       TIM – RKM MI MIFTAHUL FALAH 
 






DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.....................................................................................................i
HALAMAN PENGESAHAN ......................................................................................ii
KATA PENGANTAR..................................................................................................iii
DAFTAR ISI...............................................................................................................iiii

BAB. I   PENDAHULUAN..........................................................................................1
A.    Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya  Madrasah ....................................1
B.     Tujuan dan Manfaat RKS/M ....................................................................1
C.     Landasan Hukum......................................................................................2

BAB. II  VISI, MISI, DAN TUJUAN MADRASAH....................................................3
A.    Visi Madrasah..........................................................................................3
B.     Misi Madrasah.........................................................................................3
C.     Tujuan Madrasah.....................................................................................3

BAB. III   PROFIL MADRASAH.................................................................................4

BAB. IV  HARAPAN....................................................................................................7

BAB.  V  PROGRAM KERJA MADRASAH...............................................................9
A.    Sasaran....................................................................................................9
B.     Program...................................................................................................10
C.     Indikator Keberhasilan.......................... ...................................................11
D.    Kegiatan................................................................................................ ..13
E.     Jadwal Kegiatan.  ( Tabel  C4)..................................................................13
F.      Penanggung Jawab....................................................................................15

BAB. VI  RENCANA ANGGARAN SEKOLAH.........................................................17
A.    Rencana Biaya Program   (  Tabel  D.2  ) .....................................................18
B.     Perkiraan Sumber Pendanaan  (  Tabel  D.3  )   ............................................20
C.     Rencana Biaya dan Sumber Pendanaan(  Tabel  D.4  ) …….....…….…...… 21

BAB. VII  PENUTUP……………………………………………………….......…..…23
               Kesimpulan………………………………………........…..........................….23

 LAMPIRAN…………………………....................………………......................….…24

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang dan Sejarah Berdinya Madrasah
            Salah satu  kebijakan pemerintah adalah peningkatan  kualitas sumber daya manusia dan mengembangkan otonomi Sekolah/Madrasah. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan salah satu cara untuk mewujudkan  kebijakan tersebut. Perencanaan Sekolah / Madrasah merupakan aspek kunci MBS. Hanya melalui perencanaan yang efektif, mutu peserta didik akan dapat ditingkatkan dan kewajiban untuk menuntaskan wajib belajar 9 tahun dapat tercapai , terutama untuk anak didik yang kurang mampu secara ekonomis. Sedangkan wahana untuk meningkatkan Sumer Daya Manusia ( SDM) tersebut adalah pendidikan yang berkualitas.
           MI Miftahul Falah berdiri pada tahun 1963 sebelumnya MI Miftahul Falah masih Madrasah Diniyah  . MIYang didirikan oleh masyarakat Capang   atau diberi nama MIS  pada saat itu masuk sore dan akhirnya bisa masuk pagi.

      B. Tujuan Dan Manfaat RKS/M          
          >Tujuan
           Pada daarnya tujuan penyuunan RKS/M adalah untuk:
1.      Membantu  Madrasah  dalam membelanjakan anggaran untuk program kerja
2.      Madrasah secara efektif dan efesien  dalam kurun waktu 4 tahun.
3.      Membantu Madrasah dalam merespon tututan partisipasi  masyarakat dan.
4.      membantu Madrasah  dalam meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas.

Ø  Manfaat
            Manfaat RKS/M  dapat diuraikan sebagai berikut:
1.      Sebagai acuan bagi sekolah  untuk untuk mencapai target-target peningkatan kualitas pendidikan dalam kurun waktu tertentu.
2.      Dapat digunakan sebagai panduan bagi sekolah dalam memanfaatkan subsidi pendidikan baik yang berasal dari pemerintah maupun dari non pemerintah.
3.      Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan  dan pembelajaran,dan
4.    Sebagai tolak ukur bagi keberhasilan implementasi berbagai program peningkatan mutu pendidikan disekolah/madrasah.

C. Landasan Hukum
1.  Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4            (Pengelolaan dan pendidikan berdasar pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas publik).
2.  Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan  pasal 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun.
3. Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang  Standar Pengelolaan Pendidikan dinyatakan bahwa sekolah/ madrasah membuat (1) Rencana Kerja Jangka Menengah yang menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu 4 tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan dan  (2) Rencana Kerja Tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran sekolah/ Madrasah (RKAS/M) dilaksanakan berdasarkan Rencana Kerja Jangka Menengah.
             
BAB II

VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH

        Pendidikan dasar  9 tahun merupakan kewajiban dari seluruh masyarakat untuk mengecap pendidikan 9 tahun, yang didalamnya terdapat tingkat MI. Madrasah Ibtidayah merupakan lembaga pendidkan formal untuk mencapai visi dan misi  pendidkan di daerah masing-masing. Oleh karena itu MIMiftahul Falah  Perlu memiliki visi dan misi madrasah untuk menjadi dasar pencapaian  program madrasah , berikut ini dapat di jelaskan visi dan misi MI Miftahul Falah Capang Purwodadi.
Visi      :
Terwujudnya Madrasah Ibtidaiyah yang unggul dalam Imtaq dan Iptek yang Islami

Misi     :
  1. Melaksanakan Sikap dan Amaliyah keislaman
  2. Melaksanakan pembelajaran yang Inovatif Dan Berkwalitas
  3. Menerapkan managemen berbasis Madrasah dengan melibatkan seluruh steakholder.

Tujuan  :
  1. Memberikan dasar – dasar keimanan, ketaqwaan, dan akhlakul karimah, sehingga siswa mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
  2. Memberikan dasar-dasar keilmuan secara optimal, sehingga siswa mampu memecahkan masalah dan mempunyai kepekaan sosial
  3. Meningkatkan kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan budaya baca dan tulis
  4. Melaksanakan pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKIEM) , sehingga siswa mampu mencapai prestasi akademik secara Optimal
  5. Mengoptimalkan pelaksanaan program perbaikan dan pengayakan sehingga siswa mampu meningkatkan rata-rata nilai Ujian (UN) serta mampu berkompetisi pada tingkat Nasional
  6. Meningkatkan kelengkapan sarana dan prasarana sebagai penunjang proses pembelajaran sehingga siswa betah berada di lingkungan Madrasah
  7. Menerapkan Manajemen Pengendali Mutu Madrasah sehingga dapat meningkatkan animo siswa baru, Transparansi, dan Akuntabilatasi.
 
A.    TUJUAN PENYUSUNAN PROGRAM
                 Sebagai penjabaran tujuan Pendidikan Nasional dan tujuan Pendidikan MI  Miftahul Falah Capang, maka program kerja ini dimaksudkan untuk :
1.      Menjabarkan secara operasional berbagai kebijaksanaan yang mengatur pendidikan menengah, baik dari pihak Dinas P dan Ksebagai pembina, khususnya di bidang edukatif maupun dari pengurus yayasan Miftahul Falah Capang.
2.      Merupakan proyeksi dari situasi dan kondisi sekolah yang ada dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan.
3.      Merupakan pedoman dan koordinasi antara masing-masing unit kegiatan yang ada si sekolah ini, sehingga menjadi satu kesatuan sistem yang utuh demi tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan.
4.      Merupakan pedoman bagi terselenggaranya kerja sama antara berbagai intansi baik dilingkungan Dinas P dan K pengurus Yayasan Miftahul Falah Capang, serta intansi-intansi lain dan masyarakat pada umumnya.
5.      Sebagai tolak ukur keberhasilan usaha pendidikan di sekolah ini selama tahun ajaran 2010/2011
      
BAB.III

PROFIL SEKOLAH

            Sesuai dengan Permendiknas No 19/ 2007, Rencana Kerja Madrasah MI Miftahul Falah memuat 7 (tujuh) komponen atau kategori, yaitu (1) kesiswaan, (2) kurikulum dan kegiatan pembelajaran, (3) Pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, (4) Sarana prasarana, (5) keuangan dan pembiayaan, (5) budaya dan lingkungan sekolah, (7) peran serta masyarakat dan kemitraan, dan (8) Lain-lain yang mengarah kepada peningkatan dan pengembangan mutu.
            Berkaitan dengan hal di atas deskripsi mengenai profil MI Miftahul Falah Capang Purwodadi Pasuruan  dikemukakan di bawah ini.
1.      Kesiswaan
1.      Jumlah Rombel tidak sesuai dengan  kelas yang tersedia, sedangkan kenyataannya jumlah rombel 7 (Tujuh ) jumlah  ruang kelas untuk belajar hanya 7 ruang  kelas sehingga jumlah ruang kelas cukup.
2.      Belum ada upaya untuk menampung anak usia sekolah (AUS) baik dari pihak sekolah maupun Dinas.
3.      Manajemen peserta didik yang sudah ada yaitu sistem penerimaan peserta didik, pengadministrasian siswa, kesehatan siswa, penentuan kenaikan kelas/ kelulusan dan pendataan. Namun sistem bimbingan konseling peserta didik belum ada.
4.      Bantuan peserta didik kurang mampu secara ekonomi diwujudkan dalam bentuk BOS pembebasan iuran sekolah, BSM, dan bea siswa. Namun dalam hal pembebasan buku teks, seragam sekolah, dll sudah dilaksanakan.
5.      Pada umumnya tidak ada siswa yang kurang siap mengikuti proses pembelajaran. namun, perlu peningkatan pemberian gizi untuk siswa.
6.      Perlakuan khusus dalam hal bakat, dan minat peserta sudah dilakukan, melalui pelatihan-pelatihan. Namun dalam hal pelatihan Pramuka Seni Qosidah, sepak bola, basket , BTQ,dll minat berbicara dan menulis belum ada perlakuan khusus.
7.      Perlakuan menangani peserta didik putus sekolah tidak ada.
8.      Perlakuan terhadap peserta didik tinggal di kelas/ tidak lulus adalah memberi tambahan belajar untuk siswa yang tinggal di kelas.
9.      Perlakuan terhadap peserta didik yang lamban membacaa adalah memberi tambahan belajar( Remedial ) untuk siswa setelah pulang sekolah                                                                        

1.10.  Prestasi akademik
  1. Rata-rata nilai ujian sekolah untuk semua bidang studi relatif stabil,  pada nilai Matematika (7,40; 6,37; 4,00) dan IPA (6,18; 7,00; 6,00).
  2. Nilai rapor pada siswa kelas I sampai dengan V rata-rata juga stabil.
  3. Persentase jumlah lulusan setiap tahun stabil yaitu 100%.
  4. Persentase jumlah siswa yang melanjutkan ke SMP/MTsS/N setiap tahun stabil 100%
1.11. Prestasi akademik pernah diraih juara, lomba Sispres (2011) dan pendidikan agama (2011) tingkat kecamatan baru sebatas juara Umum semua Mapel
1.12. Prestasi non akademik, yakni lomba gerak jalan tingkat Kabupaten(2011) meraih juara I bidang Tenis Meja dan lari 200 m Tingkat Kabupaten (2011) pernah juara II .
1.13.Prestasi non Akademik tahun 2011 bidang tenis meja maju ke tingkat propinsi Jatim.

2.      Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
1.      Perencanaan proses pembelajaran
Pada umumnya perencanaa proses pembelajaran berjalan dengan baik, namun demikian terdapat hal-hal yang perlu mendapat perhatian dan peningkatan, yaitu belum tersedia silabus, RPP, sumber belajar/ bahan ajar interakti, kontekstual, dan media/ alat bantu pembelajaran untuk mata pelajaran Agam Islam, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS kelas III dan IV. Walaupun silabus dan RPP untuk semua mata pelajaran di kelas I, II, V, dan VI sudah tersedia, namun masih perlu disempurnakan.
2.      Pelaksanaan proses pembelajaran
Pelaksanaan proses pembelajaran kurang dilakukan dengan baik sesuai RPP, terutama dalam hal penggunaan strategi, metode, bahan ajar, media pembelajaran yang bervariatif, dan penilaian berbasis kelas dari kelas I s/d VI

3.      Pendidik dan Tenaga kependidikan
1.      Sumber daya pendidikan
a.       Kondisi guru
Guru PNS berjumlah 3 orang, yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sesuai berjumlah 2 orang, 3 orang masih menempuh S1, dan . Guru GTY berjumlah 12 orang, 2 orang sedang melanjutkan pendidikan S.2,                                                                                                   
b.      Kondisi kepala sekolah
Pada dasarnya kompetensi yang dimiliki kepala sekolah cukup baik. Namun dalam hal kepemilikan wawasan manajemen berbasis sekolah, kreatifitas, inovasi, dan jiwa kewirausahaan dan keterampilan memonitoring dan evaluasi, supervise, menyiapkan, melaksanakan, dan menindak lanjuti hasil akreditasi serta keterampilan membuat laporan akuntabilitas sekolah masih kurang.

4.      Sarana dan Prasarana
1.      Kondisi perabot sekolah sudah lengkap dan baik, yaitu jumlah meja dan kursi siswa sudah sesuai.
2.      Jumlah buku teks dan sumber belajar setiap bidang studi sudah lengkap sesuai BSE .
3.      Sarana/ peralatan pembelajaran dalam kondisi baik, tetapi jumlahnya kurang memadai. Lampu penerang dalam ruang kelas dan papan tulis white Boards masih diprogramkan.
4.      Ruang kelas kondisinya baik,. Kamar mandi/ WC murid ada 3 , Ruang perpustakaan, komputer, laboratorium,koperasi, tempat ibadah  sudah ada , dan kantor sudah ada. Pagar sekolah sudah ada pintu gerbangnya.
5.          Keuangan dan Pembiayaan
5.1 Pendanaan ada kecenderungan semakin naik, terutama sejak adanya BOS  tetapi untuk memenuhi kebutuhan sekolah dirasa masih kurang.

i.                Budaya dan Lingkungan Sekolah
6.1 Secara umum program kebersihan, keindahan, keamanan, dan ketertiban sudah dilaksanakancukup baik. Namun dalam hal kebersihan dan kerapian taman.

7.          Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan
7.1      Komite Sekolah
a.       Secara umum komite sekolah (1) sudah mengerti tujuan, peran dan fungsinya, (2) memiliki struktur organisasi, namun belum memiliki AD/ART, dan Program kerja, yang ter agenda.
b.      Komposisi anggota komite sekolah sudah mewakili dari berbagai stakeholder, yaitu dari orang tua mampu dan tidak mampu secar ekonomi, ahli pendidikan, tokoh masyarakat, dan sebagainya.
c.       Pertemuan anggota komite yang terjadwal masih belum ada. Namun biasanya dilakukan tidak terjadwal.
d.      secara umum anggota komite sekolah sudah mengerti peran dan fungsi komite sekolah, yaitu sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan penghubung antara sekolah dengan masyarakat dan lembaga lain
7.2      Dukungan Masyarakat lain
        Dukungan dari masyarakat lain dirakan sudah ada yang proaktif untuk madrasah            dalam pengembangan dan kemajuan Madrasah.

BAB IV
H  A  R  A  P  A  N
 A. Kesiswan

Ø  Peduli AUS

1.      Adanya tambahan   Ruang kegiatan Belajar (RKB) untuk mengimbangi jumlah rombel dengan jumlah ruang belajar untuk lab dll.
2.      Adanya pelayanan penerimaan siswa baru dan terpenuhinya semua kebutuhan yang diperlukan 
3.      Adanya tambahan buku pelajaran dengan rasio 1:1 untuk semua jenis buku pelajaran disemua jenjang kelas.
4.      Adanya seragam olah raga untuk semua siswa
5.      adanya perlakuan khusus terhadap minat dan bakat siswa dalam seni lukis, kaligrafi, dan berbicara (Pidato )
6.      Adanya bimbingan khusus berupa belajar tambahan bagi anak tinggal kelas akibatlemah dalam hal membacadan menulis.
7.      Dapat meraih juara I dalamlomba olimpiade mata pelajaran tingkat kecamatan.
8.      mendapat juara minimal tingkat Propinsi dalam bidang non akademik,untuk lomba tenis meja .

B. Kurikulum dan Kegiatan pembelajaran
Ø   Perencanaan proses pembelajaran
             1. Tersedinya Silabus, RPP,Bahan Ajar interaktif,kontektual, dan Media/ alat bantu                 Agama Islam,PKn, B.Indonesia,Matematika,IPA,IPS,
             2.  Adanya  strategi belajar  mengajar yang berfariatif dalam mengunakan metode dan  bahan ajar yang berbasis PAKEM
            3.  Dapat menaikkan nilai ujian rata-rata pada UAN  menjadi  7.50 terutama pada    mata pelajaran matematika dan IPA .
            4. Dapat menaikkan nilai raport kelas I-V terutama pada mata pelajaran  matematika,B.Indonesia dan PKn
            5.   Kelulusan  dapat dipertahankan 100% dengan nilai rata-rata 7

C. Pendidik dan Tenaga kependidikan
Ø  Sumber Daya Pendidika
 1.   Kondisi Guru
    -. Semua Guru memiliki Kualifikasi dan Kompetensi yang sesui dengan bidang      
        yang diajarkan.pada siswa.
. 2.  Kondisi Kepala Sekolah
-          Memiliki wawasan Manajemen Berbasis Sekolah  yang kreatif, inovatif, dan ber
                   Jiwa kewirausahawan serta memiliki keterampilan  Memonitoring, Evaliasi dan
                   Supervisi.
 D. Sarana dan Prasarana
     1. Semua perabotan sekolah dalam kondisi baik dan layak dipergunakan
                       2. Tesedianya buku pelajaran untuk  semua bidang setudi bagi siswa dengan rasio 1:1
                     3. Terpasangnya lampu penerang ruang kelas dan adanya papan tulis White-Boards di        masing -  masing kelas .
                       4. Tersedinya WC untuk  siswa , tempat bermain yang rata dan pagar  pekarangan yang  
                            permanen.
                   E. Keuangan dan Pembiayaan
       Adanya bantuan  lainya  dari pemerintah kabupaten,propinsi maupun pusat untuk   percepatan pembangunan peningkatan mutu dan fisik sekolah/madrasah.

F. Budaya dan Lingkungan Sekolah
                         Tertatanya tempat bermain, taman yang indah dan penghijauan pekarangan  di sekolah / madrasah.
                  G. Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan
      1. Adanya AD/ART dan program kerja yang teragenda di madrasah.
      2.  Adanya mitra kerja yang proaktif peduli sekolah/madrasah.

BAB  V
PROGRAM KERJA SEKOLAH/MADRASAH
A.  Sasaran
    1.  Kesiswaan
     1.1    Membuat proposal kepada pemda dan dinas yang terkait
     1.2    Menampung semua AUS yang mendaftar  diawal tahun pelajaran
   1.3   Dapat menaikkan nilai ujian rata-rata pada UAN 7,00 terutama pada     mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia dan IPA .dalam kurun waktu 4 tahun 2011-2014
         1.4.  Dapat menaikkan nilai raport kelas I-V terutama pada mata pelajaran matematik
                 B.Indonesia dan PKn
     1.5   Kelulusan  dapat dipertahankan 100% dengan nilai rata-rata 7.5
     1.6  Mengadakan pelatihan untuk menumbuh kembangkan minat dan bakat siswa pada
             bidang  seni dan olah raga.
     1.7    Memberikan perlakuan khusus pada anak yang tinggal kelas berupa alat tulis serta
       mengadakan remedial pada anak yang lamban membaca dan menulis
1.8  Meningkatkan prestasi belajar siswa untuk meraih juara  I   pada olimpiade lomba mata    pelajaran tingkat Kabupaten .
1.9   Meningkatkan pelatihan  siswa untuk meraih juara  I bidang non akademik  yaitu   lomba Olahraga  pada PORSENI   di tingkat Kabupaten.

       2. Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
2.1  Semua guru kelas Tinggi ( IV s/d VI) memiliki RPP  untuk mata pelajaran
       IPA,  Matematika, dan B.Indonesia
2. 2 Guru kelas Rendah  ( I s/d III) dapat mengembangkan silabus tematik yang   benuansa PAKEM    
  
      3.   Pendidik dan Tenaga Kependidikan
      3.1. Guru wali kelas  memiliki Kualifikasi dan kompetensi  tentang menejemen
             pengelolaan kelas     
       3.2.  Memilikan wawasan Manajemen Berbasis Sekolah , kreatifitas, inovasi, dan jiwa        kewirausahaan dan terampil memonitoring, evaluasi, supervise, serta terampil membuat laporan yang akuntabilitas.
    4.    Sarana dan prasarana
       4.1  Pengajuan Proposal kepada DPR/Pemda/Dinas terkait untuk pengadaan Ruang
              Kegiatan Belajar
 4.2   Ada  buku Teks pelajaran  untuk kurikulum KTSP semua bidang setudi  
        pelajaran umum (Matematika, Bahasa Indonesia, IPS Terpadu, Saint, PKn, KTK,
       dan  Penjaskes).
       4.3  Ada seragam olah raga untuk kelas   I- VI
       4.5  Semua perabotan sekolah (mobiler) meja kursi siswa daalam kondisi baik dan layak
              pakai.
       4.6  Memasang  lampu penerang ruang kelas dan pengadaan papan tulis White-Boards di 
 masing -  masing kelas .
4.7    Pengadaan WC untuk  siswa , dan pebaikan tempat bermain yang aman serta pemugaran  pagar  pekarangan yang  permanen.

 5.    Keuangan dan pendanaan
 5.1  Memanfaatkan dana rutin dan BOS untuk membelanjakan progran sekolah  /
         madrasah sesui dengan RKS secara efektif dan efesien

       6.     Budaya dan lingkungan sekolah/madrasah
      .6.1   Halaman sekolah selalu bersih, taman yang indah  tempat bermain yang aman.

       7.     Peran serta masyarakat dan Kenitraan
       7.1   Komite dapat menjalankan peran dan fungsi dan peranny di sekolah/madrasah
       7.2   Ada AD/ART dengan program kerja yang ter agenda

B. Program
            Sasaran yang ditentukan diatas dapat dituangkan dalam program kerja sekolah /
              madrasah sebagai berikut :
     Kesiswaan
     1.1  Peningkatan pelayanan penerimaan siswa baru pada  awal tahun pelajaran
   1.2  Peningkatan nilai rata-rata UAN pada mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia
          dan IPA .
         1.3  Peningkatan nilai raport kelas I-V pada mata pelajaran matematik
                B.Indonesia dan PKn
     1.4  Mempertahankan kelulusan siswa 100%
     1.5  Pelatihan siswa  untuk menumbuh kembangkan minat dan bakat siswa pada
             bidang  seni dan olah raga.                                                                                               
     1.6   Diperlakuan khusus pada anak yang tinggal kelas dan mengadakan remedial pada
             anak yang lamban membaca dan menulis
1.7  Meningkatkan prestasi belajar siswa bidang akademik
1.8  Meningkatkan pelatihan  siswa bidang non akademik 

      2.   Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
2.1  Pelatihan Penyusunan PRR  guru kelas Tinggi ( IV s/d VI)     
2. 2 Pelatihan teknis penilaai secara objektif untu Guru kelas tinggi ( IV s/d VI)

      3.    Pendidik dan Tenaga Kependidikan
      3.1. Pelatihan peningkatan  Kompetensi  guru
      3.2. Pelatihan kepala madrasah bidang Manajemen Berbasis Sekolah (MBS ), 
    
       4.    Sarana dan prasarana
       4.1   Membuat Proposal untuk pengadaan Ruang   Kegiatan Belajar (RKB)
 4.2   Pendataan   buku Teks pelajaran  sesuai dengan jumlah siswa untuk kurikulum
         KTSP semua bidang setudi
 4.3  Pendataan seragam olah raga untuk kelas   1-III  euai dengan jumlah siswa pada tahun pertama  dan kelas 1 setiap tahun berikutnya.
       4.5  Pendataan Semua meja kursi siswa yang masih layak pakai
       4.6  Memasang  lampu penerang ruang kelas dan pengadaan papan tulis White-Boards di 
 masing -  masing kelas
 4.7   Pengadaan WC untuk  siswa , dan pebaikan tempat bermain yang aman serta                   pemugaran  pagar  pekarangan yang  permanen.  

Tidak ada komentar: